Jumat, 20 September 2013

TOSHIBA LAMA 28" POWER SUPPLY MENGELUARKAN SUARA PLETEK-PLETEK

KASUS :
  • Toshiba model lama 28”
  • Bagian power supply menggunakan 2 buah elko besar yang diseri (tegangan kerja 250v)
  • Ketika listrik dicolokkan timbul suara pletek-pletek

clip_image002
 
PENYBAB :
  • Sumber suara karena salah satu elko ada yang rusak sehingga terjadi loncatan api didalamnya
  • Elko kalau dicek menggunakan ohm meter sepertinya tidak masalah
 
SOLUSI :
  • Lepas kedua buah elko besar.
  • Lepas ic STR81145 - karena tidak dipakai lagi. IC ini berfungsi sebagai kontrol switch otomatis tegangan 110/220
  • Ganti dengan sebuah elko dengan tegangan kerja 450v

1 komentar:

  1. saya suka blognya gan ,,kebetulan saya pake tv ini..saya mau nanya gan tv saya mati stanby awalnya led nyala merah trs mati lagi kaya protek gitu.saya ganti dioda dan kapasitor di bagian primer trafo led mau nyala tv ga ada gambar trs saya ganti TR HOR karna dicek short kemudin muncul raster satu garis vertikal dan saya ganti jg ic VER hasilnya hasilnya raster ada tp cuma garis2 tebal dan kemudian saya naikan tegangan screen ada resistor fuse yg putus R444...mohon bantuanya gan kira apanya yg rusak dan apa penyebabnya terima kasih sebelumnya...

    BalasHapus