Jumat, 20 September 2013

APAKAH FLYBACK PENYEBAB TEGANGAN B+ DROP

 
Teknisi bertanya ; “Pak saya ada servisan tv polytron flat 29 in fbt FUH29VH02, dengan kerusakan tv lampu led berkedip, setelah saya lakukan pengukuran ternyata regulator tidak bekerja normal (drop). Pertama fbt saya lepas, dan regulator bekerja normal. Perkiraan saya mungkin fbtnya rusak, setelah saya ganti fbt baru dari SC dengan harga 200ribu, ternyata masih sama pak, regulator kembali drop.”

“WAH INI NAMANYA PEMBOROSAN” yang sebenarnya dapat dihindari. Ada beberapa cara untuk memeriksa apakah flyback yang menjadi penyebab tegangan B+ drops atau flyback rusak
 
Cara 1. coba lepas konektor def yoke. Kalau tegangan B+ bisa normal, berarti def yoke rusak.
 
Cara 2. Menggunakan alat yang dinamakan “ringer test”yang dapat dibuat sendiri. Jika led pada ringer test dapat menyala sampai level 7/8 dipastikan bukan flyback penyebab B+ drops. Kalau hanya sampai level 3/6 kemungkinan besar flyback setengah short sehingga menyebabkan B+ drops. Alat ini cukup praktis dan cepat pemakaiannya, karena flyback tidak perlu dilepas. Kalau ketemu transistor horisontal rusak (short), saya selalu menggunakan alat ini untuk cek flyback, dengan tujuan untuk menghindari transistor horisontal rusak lagi.
clip_image003
 
Cara 3. Menggunakan lampu dop 100w . Cara ini saya lakukan jika kebetulan tidak ada Ringer-test.
 
Cara 4. Menggunakan lampu dop 100w sebagai pengganti beban regulator. Cara saya lakukan untuk memastikan apakah power suply yang bermasalah atau bukan. 
  • Lepas transistor Horisontal
  • Pasang lampu dop 100w antara jalur B+ dengan ground.
  • Hidupkan TV
  • Kalau tegangan B+ tetap drops berarti problem pada bagin power supply
  • Kalau tegangan B+ tidak drops, maka problem pada flyback atau Def Yoke.

1 komentar:

  1. Saya coba ganti playback dan defyuk ternyata tegangan masih drop juga.

    BalasHapus