Rabu, 18 September 2013

CARA MELUMPUHKAN VERTIKAL PROTEK SHARP DENGAN IXC688

Cara melumpuhkan vertikal protek Sharp dengan IXC688


Teknisi bertanya :
Seminggu sudah tv ini saya obrak-abrik tapi belum ketemu penyakitnya juga. Tv sharp 21" menggunakan UOC IXC 688 WJZZ, STR W 6556A dan LA 78041. Awalnya tv ini defleksi vertikal dan horisontalnya konslet sehingga beberapa elko vertikal dan ic vertikal-outpunya ikut mati. Setelah penggantian komponen dg yg baru tv masih belum mau nyala juga, stby-on- kemudian stby lagi, dari hasil analisa ternyata vertikal tv ini tidak bekerja, karena pada saat awal on, layar hanya 1 grs mendatar.  Pertanyaan saya adalah  :
  • Bagaimana cara me non-aktif-kan protek vertikal tv ini (pin 83), supaya saya bisa mengukur tegangan pin vertikal.
  • Karena semua komponen dibagian vertikal sudah diganti, kira-kira apa yg salah dari sasis ini.  Untuk defleksi yg tadinya short sudah diganti dg yg baru....

Marsonotv :
  • V protek adalah pin-83. Lepas R526. Kemudian pin-83 diberi tegangan dari 5v menggunakan sebuah resistor 10k
image

Teknisi :
  • Terima kasih yang tak terhingga saya haturkan, berkat petunjuk bapak garapan tv sharp saya jadi rampung, dengan memasang R10K ke vertikal protect (pin 83), akhirnya saya dapat melakukan analisa dan pengukuran pada beberapa titik poin, karena dengan mengangkat protect AC detect dan mensimulasi vertikal tv tidak protect sehingga mudah dianalisa sumber masalahnya...……….
  • Ternyata penyebab protect tv ini adalah oscilator vertikal yg tidak ada, akhirnya IXC688 dapat segera diganti dan garapanpun kelar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar