Kamis, 12 September 2013

TIPS KERUSAKAN POWER SUPLY BUNYI 1 (bunyi ngi...k)

Tips kerusakan power-suply 1 (bunyi ngiii…k)

Menjumpai kerusakan teve dimana terdengar suara bunyi "ngiiiik……" dari bagian power suply, maka :
  1. Umumnya bagian primer tidak ada masalah,  disebabkan karena  sirkit bagian sekunder ada yang short
  2. Ada juga tipe power suply lain yang bunyi demikian, disebabkan karena tidak ada beban pada tegangan B+ (karena bagian horisontal tidak kereja) dan kadang disertai tegangan B+ yang naik.
  3. Hati-hati saat memeriksa, kadang elko besar masih menyimpan muatan
  4. Umumnya disebabkan karena kerusakan transistor HOT atau diode peyearah B+ yang short.
  5. Pada model tertentu disebabkan karena diode “over voltage protektor” pada jalur B+ short ke ground
  6. Kemungikinan lain dapat disebabkan karena flyback rusak, kapasitor resonan short atau elko B+ short.
  7. Kami pernah menemukan kasus dimana dicek tidak ada yang short. Ternyata disebabkan ada elko filter yang terbalik polaritasnya (eks repair).

Cara memeriksa apakah bagian sekunder  ada yang short.
  • Gunakan ohm-meter posisi  (x1)
  • Probe merah tempelkan ke ground
  • Probe hitam tempelkan ke jalur B+ , dan juga pada jalur tegangan keluaran sekunder lainnya yang akan diperiksa.
  • Jika jarum meter menyimpang, berarti bagian tersebut ada yang short. Normal jarum menyimpang hanya sedikit sekali.
  •  
Saya punya tv sharp 21'' mengalami mati total ada bunyi tik tik pelan
saya coba reparasi sendiri aja
1.saya buka kapanya
2.saya bersihkan dulu dari debu dan kototoran yang menempel pada komponen tv tersebut
3.mencoba untuk mnengamasti apa kah ada solderan solderan yang retak atau komponen yang sudah aus yang semestinya sudah pengen adik lagi komponennya
Kalau ada langsung sollder ulang aja dan ganti komponen yang sekiranya sudah aus/mati/short/gosong/mlempem dst...
4.periksa daerah sekunders dari ntv sharp di daerah Elco 160 vol apa ada yang putus atau sudah tidak berfungsi lagi
5.Coba cek pada transistor horisontal nya ,letaknya di dekat flyback coba chek dengan avo meter
6.banyak kasus yang bermasalah di transistor horizontalnya. inilah yang menyebab kan bunyi tik tik tadi karena arus yang masuk terjadi short di trnsistor ini coba saya ganti ternya bisa juga ni tv hidup lagi, kalau gag ada tipe yang sama juga coba saja tr yang lain di pasaran ada ,harga sekitar Rp 10.000-
saya nyalain sambil saya perhatiin terus masih anteng anteng aja tu tv semoga aja berhasil...
  •  

18 komentar:

  1. Klo pas masih dingin bunyi tek tek mirip kebanyakan elko sekunder apa penyebabnya gan?.. tapi klo dah anget normal.. pernah tak kasih kipas malah bunyi.. terus kipas tak matiin lewat 1 menit normal lagi.

    BalasHapus
  2. Kalau ada bunyi mendengung(ngiung)d tv nya kedengaran film lagi maen,untuk model tv sharp 40 in,,kira2 apanya yah tu

    BalasHapus
  3. Ea min tvku berbunyi sendiri saat dinyalakan itu kenapa ea min

    BalasHapus
  4. Ea min tvku berbunyi sendiri saat dinyalakan itu kenapa ea min

    BalasHapus
  5. Ass..salam kenal guru mohon selisihnya tv Sharp 21' travo yang di pawer suply bunyi padahal playbeck sama tradisional horisontal udah saya copot tetep ada bunyi di travo yang mohon solusinya guru....

    BalasHapus
  6. Makasih tip nya,akan saya coba

    BalasHapus
  7. Bos tv cina ku ada bunyi ngerik kadang ada kadang gak tapi lama2 tv raster gak ada HITER normal suara/gbr hilang

    BalasHapus
  8. Tv samsung led saat di hidupkan bunyi tek.tek kaya kabel koslet.knpa ti gan

    BalasHapus
  9. slmt pagi bang aku mu tanya ni..aku punya Mesin TV cina.kenapa di bagian trapo REGULATOR nya ada bunyi cit

    BalasHapus
  10. Tv mati flyback jika di open tegangan normal tp jika di sambungkan lg semua tegangan drop kira² apanya suhu. Mohon pencerahannya

    BalasHapus
  11. Power Suply saya berisik seperti suara kipas bising tapi pas saya tahan kipasnya (kipas tidak berputar) masih tetap berisik ada komponen sebesar kelingking bentuknya seperti drum yang kembung, apakah itu penyebabnya? Terima kasih.

    BalasHapus
  12. Pagi mas mohon arahan nya tv saya tadi nya gidup saya buat praktek pasang gacun jadi ngik short tilong du bantu mas

    BalasHapus
  13. Saya puxa tv cina kalau baru di hidupin pasti kluar bunyi tit,tit,tit...knapa ya maz

    BalasHapus